Mantap!! Kepala Tiyuh Kagungan Jaya Bagikan Bantuan Bibit Kepada Masyarakat

Harian Silsilah
0
Tulang Bawang Barat, Harian silsilah.com – Tiyuh Kagungan Jaya, Kecamatan Gunung Terang, Kabupaten Tulang Bawang Barat ( Tubaba) melaksanakan program K3 ( kandang, Kebun dan kolam) menggunakan anggaran Dana Desa tahap pertama tahun 2023.

Dalam program K3 itu, Kepala Tiyuh Kagungan Jaya, Mawardi mengatakan bahwa pihaknya membagikan sebanyak 25000 bibit terong dan 25000 bibit cabe untuk 167 Kepala Keluarga ( KK) penerima program.



Bibit lele sejumlah ada sebanyak 50.100 yang kami bagikan kepada 267 KK, dan ada sebanyak Ayam 501 ekor ayam yang kami berikan pada mereka. Per -KK mendapatkan 3 ekor ayam. ” ujar Mawardi di ruang kerjanya, Kamis (13/4/2023).

Mawardi juga menyampaikan bahwa selain laksanakan program K3, DD tahap 1, katanya juga ia gunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) sebesar 900.000/ KPM untuk tiga bulan, Januari, Februari dan Maret 2023, kami berikan pada 20 KK. DD BLT itu 10 persen dari dana desa DD. Kalau tahun yang lalu, ada sebanyak 89 KK yang kami berikan bantuan langsung tunai (BLT DD).

Pembagian BLT untuk 20 KK tersebut, sesuai dengan Permendes PDTT nomor 8 tahun 2023 di mana penggunaan BLT minimal 10 persen dan maksimal 25 persen.

Terkait program DD baik BLT maupun K3, Kepala Suku 1 Purwadi mengaku

warga masyarakatnya sudah menerimanya. Untuk itu ia sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Tubaba dan pemerintah Tiyuh Kagungan Jaya.
Tiyuh Kagungan Jaya terdiri dari 4 suku dan 7 Rukun Tetangga dan 167 kepala keluarga. Salah satu warga RT 3 suku 2 Dwi Priyono mengatakan bahwa dirinya sudah menerima bantuan tersebut dan akan memanfaatkannnya dengan sebaik mungkin.

Ketua Badan Pemberdayaan Tiyuh (BPT), Tiyuh Kagungan Jaya, Dwi Santoso mengatakan bahwa pelaksanaan DD tahap 1 tahun 2023 di tiyuh, telah dilaksanakan dengan baik dan tertib

Pendamping DD Kecamatan Gunung Terang, Nuril Iman mengatakan bahwa Program K3 merupakan penyelarasan dari Program Nasional tentang Ketahanan Pangan.

” K3 merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2023. Sedangkan BLT juga merupakan Prioritas Dana Desa Tahun 2023, yang diharapkan mampu membantu ekonomi masyarakat tidak mampu.Besar harapan kami masyarakat mampu memanfaatkan Program Nasional ini dengan sebaik-baiknya agar ekonomi mereka dapat meingkat,” tutupnya. (Red)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)