Wartawan Dan Resiko Profesinya

Harian Silsilah
0





Harian Silsilah.com Bandar Lampung - Rupanya profesi jurnalis atau wartawan di Lampung sedang tidak baik- baik saja. Terlihat dari dua peristiwa yang terjadi kepada beberapa wartawan Lampung di satu pekan terakhir. Belum selesai upaya pembunuhan dengan cara melakukan penembankan yang dilakukan sekelompok orang tak dikenal terhadap empat orang wartawan yang sedang melintas  di jalan Soekarno Hatta Kecamatan Ketibung minggu malam senin (22-07-23) sekitar pukul 22:00 Wib.

Lalu kamis (27-07-2023) salah satu wartawan Lampung Tv yang sedang melakukan liputan persidangan kasus tipu gelap fie proyek Lampung Selatan diintimidasi dan ajak berduel oleh seseorang yang diduga  dari pihak yang mengawal seorang pejabat dan Istrinya, yang yang hadir  memenuhi panggilan  sebagai saksi di pengadilan Negeri Bandar Lampung.

Dari dua kejadian di tempat yang berbeda tersebut saya berkesimpulan bahwa wartawan lampung sedang tidak baik-baik saja. Pihak yang tidak suka kejahatannya diusik   dan di publikasi ke publik mendominasi ancaman tertentu terhadap para pencari berita ini.

Namun hal tersebut sudah menjadi konsekwensi profesi yang sangat mulia ini. Wartawan profesional sadar betul akan semua resiko yang bakal terjadi dalam menjalankan profesinya.
Oleh sebab itu saya berharap kepada rekan-rekan yang berprofesi sebagai pencari berita tetap semangat jangan pernah kendor oleh tekanan ataupun ancaman dari pihak manapun untuk mencari informasi sesuai fakta tetapi tentunya harus tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan tugas dan fungsi.

Terlebih dari itu tentunya dalam menjalankan tugas dan fungsinya wartawan harus sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 1999 dan sesuai Kode Etik Jurnalis (KEJ).

Terkait dua hal yang terjadi pada beberapa wartawan pekan ini  masing-masing terkait kasus rencana pembunuhan terhadap empat orang wartawan di jalan Soekarno Hatta Ketibung yang saat ini sedang ditangani Polsek Ketibung dan Polres Lampung Selatan saya berharap pihak kepolisian dapat bekerja profesional untuk segera mengungkap motif dan dapat menemukan para  pelaku penembakan.

Terkait intimidasi kepada wartawan oleh oknum atau pihak tertentu dalam  persidangan maupun yang terkait kasus tipu gelap yang ada di kabupaten Lampung Selatan kita harapkan jangan sampai terulang kembali.


Cecep Rusdiono
Bandar Lampung,
28 Juli 2023

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)